Alun-alun Surya Kencana

Alun-alun Surya Kencana

Jika sebelumnya kami telah menyampaikan kepada Anda lokasi camping di Cibodas, seperti Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas, Bumi Perkemahan Bukit Golf Cibodas, dan Bumi Perkemahan Mandalakitri, pada kesempatan ini kami akan ulas secara singkat lokasi camping yang selanjutnya yaitu Alun-alun Surya Kencana. Baru mendengarnya? Baiklah, lanjut membacanya sampai bawah ya.

Alun-alun Surya Kencana merupakan Zona Pemanfaatan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan luas 50 ha yang berupa padang rumput kurang lebih 80% dan Edelweis 20% yang berada di ketinggian 2.750m di atas permukaan laut (mdpl). Kecantikan, kemegahan, serta mitologinya menjadikan alun-alun Surya Kencana destinasi paling ramai di kalangan pendaki gunung di Indonesia.

Surya KencanaAlun-alun Surya Kencana merupakan tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda. Alasannya karena pemandangannya yang indah dengan hamparan Bunga Edeiweis (bunga Abadi) yang sangat luas.

Tapi jika Anda hendak ng-camp disini, harus pandai-pandai memilih lokasi ya. Mengapa?

Setidaknya posisi camping yang baik itu adalah yang dekat dengan sumber air. Dan untuk Anda ketahui, bahwa di Alun-alun Surya Kencana hanya ada satu lokasi yang menjadi sumber air.

Lokasi sumber air disini terletak di Alun-alun Surya Kencana bagian Barat. Para pendakian menyebutnya jamban. Meskipun di musim kemarau, persediaan air disini tidak pernah kering.

 

Mitologi Alun-alun Surya Kencana

Selain daya tari pemdangan dan tantangan alamnya, Surya Kencana memiliki ‘bumbu’ kisah mistsis bercampur mitologi. Konon beberapa pendaki Gunung Gede yang menyambangi Surya Kencana mendengan suara kaki kuda berlarian. Namun, tidak tampak wujud kuda tersebut.

Menurut cerita rakya, kejadian itu pertanda Pangeran Surya Kencana datang ke alun-alun dikawal para prajuritnya . Kesempatan lain, para pendaki kadang melihat sebuah istana.

Padang-Edelweis-Surya-Kencana

Dalam rakyat Surya Kencana merupakan nama seorang Pangeran Aria Wiratanudatar pendiri kota Cianjur yang beristri putri jin. Pangeran Surya Kencana memiliki dua putra, yakni Prabu Sakti dan Prabu Siliwangi. Adapun kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Surya Kencana.

Petilasan singgasana Pengeran Surya Kencana beruapa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun dan disebut Batu Dongdang. Sumber air di tengah alun-alun dipercaya dulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi. Dalam hutan yang mengitari alun-alun Suraya Kencana ini terdapat sebuah situs kuburan kuno yang konon dipercaya sebagai tempat bersemanyam Prabu Siliwangi

Sumber: tipsjalan.com

 

Akses Menuju Lokasi

Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa Alun-alun Suryakencana terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Berada diatas Gunung Gede. Diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Gemuruh dan Puncak Gunung Gede.

Untuk menuju kesana, Anda ditantang untuk terlebih dahulu menaklukan tanjakan demi tanjakan trek pendakian Gunung Gede Pangrango. Bagi Anda yang sudah terbiasa naik gunung, bukan hal yang aneh tentunya.

Rute untuk menuju Alun-alun Surya Kencana dapat ditempuh melalui 3 akses resmi. Ketiganya adalah Cibodas,  Gunung Putri dan Salabintana di Sukabumi. Namun jalur paling populer adalah melalui jalur Cibodas, dekat dengan Kebun Raya Cibodas.

Tapi,…

Bagi Anda yang menginkan trek yang lebih singkat, Anda dapat memilih rute via Gunung Putri. Waktu tempuhnya hanya sekitar 4-5 jam. Dan langsung menuju tujuan Anda, Alun-alun Surya Kencana. Jauh lebih singakat jka Anda memilih rute via Cibodas yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 10-12 jam.

Jika Anda memutuskan untuk memilih via Cibodas, maka Anda bisa mendaftar untuk melakukan pendakian di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lalu memulai pendakian tidak jauh dari sana.

Anda dapat menyimpan kendaraan Anda, baik roda dua atau roda empat, di tempat menitipan kendaraan yang tersedia di sekitar kawasan Cibodas.

Untuk anda yang menggunakan angkutan umum, Baik dari arah Jakarta atau Bandung, anda dapat berhenti di pertigaan Cibodas (Paragajen), lalu melanjutkan perjalanan melalui angkutan umum (angkot) yang mangkal disana, menuju trek pendakian.

Jika Anda memutuskan untuk memilih  jalur Gunung Putri atau Salabintana, untuk pendaftaran tetap di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang ada di Cibodas. Setelah itu baru menuju alamat pendakian masing-masing.

Jika ingin melalui Gunung Putri, dari arah Jakarta atau Bandung, Anda dapat langsung menuju trek pendakian yang terletak di sebelah Barat dari Istana Negara, Cipanas. Untuk Anda yang menggunakan Angkutan umum, dapat membooking angkot langsung ke lokasi, atau naik angkot rute Gunung Putri atau Pasir Kampung.

Paket Pendakian dan Camping di Alun-alun Surya Kencana

Berminat untuk camping di Alun-alun Surya Kencana bersama keluarga atau teman kantor dan komunitas Anda?

Kami telah menyiapkan khusus paket pendakian dan camping di Alun-alun Surya Kencana dengan peralatan yang lengkap. Solusi naik gunung tanpa capek bawa perlengkapan yang berat.

Paket camping sudah termasuk tiketing (simaksi), tenda dome, matras, sleeping bag, kebutuhan logistik (makan), jas hujan, alat masak, alat makan, guide dan porter.

Anda hanya tinggal membawa keperluan pribadi saja, seperti obat-obatan, dan logistik saat pendakian. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan pendakian yang mudah dan nyaman.

Lihat selengkapnya paket pendakian Gunung Gede Pangrango