Bumi Perkemahan Mandalakitri

Bumi Perkemahan Mandalakitri

Areal Mandalakitri Scout Camp Cibodas seluas + 17 ha ini bersuhu udara sangat dingin berkisar antara 5 – 15 derajat celcius di malam hari dan 15 – 23 derajat celcius pada siang hari, berlokasi disebuah kawasan yang menjadi pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangranggo dan  Kebun Raya Cibodas Kecamatan Cipanas-Cianjur dengan titik koordinat 6 44’ 25” S, 107 0’ 20” E dan jarak tempuh: 28 km dari arah Kota Cianjur, 114 km dari Kota Jakarta dan sekitar 93 km dari Kota Bandung.

mandalakitri

Mandalakitri Scout Camp dulu bernama Bumi Perkemahan Mandalakitri Cibodas pada awal tahun 1970 merupakan sebuah areal eks perkebunan yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam sayuran. Lokasinya yang berada di kaki gunung gede dan pintu masuk Kebun Raya Cibodas menyebabkan areal ini sangat cocok dipergunakan areal berkemah oleh para pramuka dan pecinta alam serta sebagai base camp bagi para pendaki gunung gede pangranggo.

Potensi itu ditangkap oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat dan menjadikan wilayah itu sebagai Bumi Perkemahan Pramuka dengan pengelolaan dilakukan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur.

Melihat potensi yang demikian besar menjelang dilaksanakan Jambore Nasional dan Jambore Asia Pasifik yang dilaksanakan Tahun 1981, Kwartir Nasional melakukan program renovasi dan penataan Bumi Perkemahan Mandala Kitri dengan membangun sarana dan prasarana bumi pekemahan yang lebih lengkap antara lain, penatan areal perkemahan putra dan putri, lapang upacara utama, membangun mesjid,  renovasi kantor bumi perkemahan,  membangun Wisma Mandala Kitri, membangun instalasi  saluran air bersih, aula lemcadika dan tower/menara pandang serta fasilitas lainnya dengan puncaknya diresmikan oleh Presiden  RI Soeharto pada tanggal 20 Juni 1981, dan pada saat Pelaksanaan Jambore Nasional 1981 di jadikan Sub Camp.

Periode 1981 – 2006 merupakan periode pengelolaan dengan beberapa kali pergantian pengelola. Pada Awal Tahun 2006 bumi perkemahan mandalakitri berubah nama menjadi Mandalakitri Scout Camp hingga sekarang. Perubahan nama ini diiringi pula dengan reorganisasi dan revitalisasi program meliputi berbagai aspek. Selain aspek standar sebagai areal berkemah dan penginapan, program bertambah dengan outdoor program seperti outbound training termasuk didalamya kerja sama dengan provider outdoor activities lain seperti arung jeram dan lain lain

Sumber: mandalakitriscoutcamp.wordpress.com