Ulang Tahun Kebun Raya Cibodas ke 166

Ulang Tahun Kebun Raya Cibodas ke 166

Kini usia Kebun Raya Cibodas telah menginjak 166 tahun. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kebun Raya Cibodas yang sudah sangat tua itu, pihak pengelola akan mengadakan beragam kegiatan. Seperti yang telah diumukan situs resminya.

“Dalam rangka hari jadi ke-166 tahun Kebun Raya Cibodas, gratis tiket masuk dan tiket kendaraan roda 4 pada hari rabu 11 April 2018. Akan ada Open House untuk mengenal beberapa kegiatan di Kebun Raya Cibodas yang dapat diikuti oleh siapa, diantaranya pengenalan alat-alat kebun, pelatihan smartphone fotography, pembuatan terarium dan masih banyak lagi. Ayo datang dan kunjungi bersama keluarga dan teman-temanmu.” –¬†Kusetiawan – 03-04-2018

ulang tahun kebun raya cibodas cibodas

Ketentuan Gratis Tiket Masuk, di Hari Ulang Tahun Kebun Raya Cibodas ke 166

Tanggal 11 April 2018, masuk ke Kebun Raya Cibodas gratis, sebagai bagian dari moment penting dan spesial di hari jadinya yang ke 166 tahun. Namun ada ketentuan khusus yang diberlakukan oleh pihak pengelola kepada para pengunjung yang akan ikut memeriahkan acara hari ulang tahun cibodas. Ketentuannya itu antara lain:

  1. Gratis tiket masuk,
  2. Gratis tiket kendaraan roda 4,
  3. Kendaraan roda 2 tidak diperkenankan masuk,
  4. Tetap menjaga kebersihan dan keamanan

Kilas Sejarah Singkat tentang Bergtuin te Tjibodas

Berikut ini adalah sejarah singkat berdirinya Kebun Raya Cibodas (Bergtuin te Tjibodas) yang dapat kita kenal hingga saat ini.

Bergtuin te Tjibodas

Pada tahun 1839, Teijsmann membuat 3 kebun kecil di lereng Gunung Gede untuk aklimatisasi tumbuhan subtropis. Hal itu sejalan dengan kebutuhan untuk aklimatisasi pohon kina (Cinchona pahudiana) yang merupakan obat malaria. Saat itu malaria tengah mewabah di daerah koloni-koloni Eropa.

Hasskarl-lah yang ditunjuk untuk melakukan ekspedisi ke Peru, Amerika Serikat, untuk mengambil benih pohon kina agar dapat ditanam di pulau Jawa yang memiliki topografi pegunungan dengan iklim sejuk, seperti di dataran Andes, tempat hidup alami pohon kina.

Selama rentang waktu 1851 hingga tahun 1854, Hasskarl berhasil mengumpulkan 75 pohon kina muda. Sebanyak 2 pohon kina ditanam dan berhasil bertahan hidup di Cibodas, Jawa Barat. 11 April 1852 penanaman pohon kina di Cibodas merupakan tonggak berdirinya Bergtuin te Tjiibodas (Kebun Pegunungan Cibodas, sekarang menjadi Kebun Raya Cibodas).

Tanggal 11 April 2018 ini Kebun Raya Cibodas akan tepat berusia 166 tahun. Khusus di hari jadinya, Kebun Raya Cibodas memberikan kesempatan untuk seluruh warga Indonesia untuk datang dan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, FREE!

Selamat Ulang Tahun Kebun Raya Cibodas ke 166. Semoga selalu sukses dalam menjalankan tugas dan fungsinya yaitu Konservasi, Penelitian, Pendidikan Lingkungan, Jasa lingkungan, dan Pariwisata.

Leave a Reply