Cibodas Puncak, Wisata Camping, Hiking, dan Outbound di Kaki Gunung Gede Pangrango

Cibodas Puncak, Wisata Camping, Hiking, dan Outbound di Kaki Gunung Gede Pangrango

Temukan beragam informasi penting di halaman ini tentang Cibodas Puncak. Tentunya Anda sedang mencari informasi wisata ini bukan?

Nah, pada halaman ini telah kami sajikan untuk Anda beragam informasi yang kami yakin dapat menjadi referensi untuk rencana Anda berwisata di Cibodas Puncak, tempat wisata camping, hiking, outbound, dan tour wisata taman Cibodas, di kaki Gunung Gede Pangrango

Siapkan secangkir kopi ya, untuk membacanya sampai selesai 🙂

 

Cibodas Puncak

Seperti yang sudah kita ketahui, Cibodas Puncak merupakan kawasan wisata yang berada di kaki gunung Gede Pangrango. Walau secara administratif, Cibodas berada di desa Cimacan Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, beberapa wisatawan dan mungkin juga Anda mengira bahwa kawasan Wisata ini masuk ke Wilayah Bogor sehingga tersebutlah Cibodas Bogor. Padahal tidak seperti itu.

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Cibodas Puncak berasal dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal ini dapat dimaklumi, mengingat jaraknya yang mudah dijangkau.
Hanya berjarak sekitar 95 km saja dari Jakarta, menjadikan Cibodas Puncak sebagai kawasan wisata yang banyak dikunjungi di akhir pekan. Jika keadaan lalu lintas normal, jarak Jakarta – Cibodas Puncak hanya memakan waktu 2,5 – 3 jam saja.

camping Cibodas puncak

 

Ragam Wisata di Cibodas Puncak

Sudah mempunyai rencana untuk wisata di Cibodas Puncak? Kira-kira apa kegiatan wisata yang akan Anda lakukan disini? …

Beragam kegiatan wisata yang dapat Anda lakukan di Cibodas Puncak. Diantaranya adalah:

 

 

Wisata Camping di Cibodas

Anda senang dengan perkemahan? Sudah membuat rencana camping bersama teman kantor, sekolah, atau organisasi? Cibodas Puncak jawabannya.

Di Cibodas Puncak terdapat 3 bahkan 4 lokasi camping atau perkemahan. Diantaranya adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP, Mandala Kitri, Bukit Golf Cibodas, dan Alun-alun Surya Kencana. Anda tinggal menentukan lokasinya, suka-suka.

Tiket camping di Cibodas per malam kisaran 20 ribuan saja.

Bagi Anda yang ogah atau malas membawa peralatan camping seperti tenda dome, Anda dapat menyewanya di lokasi. Tinggal pesan langsung dipasang di lokasi yang Anda pesan.

Baca :

Paket Wisata Camping Praktis di Cibodas, perlengkapan lengkap.

 

Wisata Outbound

Berencana untuk outbound di Cibodas?

Di Cibodas Puncak ini ada sekitar 4 lokasi yang dapat Anda pilih untuk kegiatan outbound. Kebun Raya Cibodas, Bumi perkemahan Mandalawangi Cibodas, Mandala kitri, dan Bukit Golf Cibodas.

Baca :

Paket Wisata Outbound di Cibodas

 

Wisata Hiking (Pendakian Gunung)

Kenal dengan dua gunung legenda yang menjadi latar Cibodas Puncak kan?,…

Yups, gunung Gede Pangrango. Anda dapat melakukan kegiatan wisata bertema hiking disini. Hiking/mendaki gunung Geda atau Pangrango atau sekedar ng-trip Curug Cibeureum saja.

Baca :

Paket Pendakian Gunung Gede Pangrango

Paket Trip Curug Cibeureum

 

Wisata Tour Taman Cibodas

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden atau Taman Cibodas Puncak, merupakan tempat wisata di Cibodas yang paling menarik perhatian. Pasalnya disini kita akan disuguhi dengan suasana taman yang menyegarkan, teduh, dan nyaman.

Betapa tidak, setibanya Anda di Kebun Raya Cibodas atau Taman Cibodas ini, Anda akan disambut dengan segarnya udara khas pegunungan, hamparan rumput nan hijau yang hampir menutupi seluruh kawasan, pohon-pohon yang menjulang tinggi, dan masih banyak lagi suasana yang dapat anda rasakan disini.

Di Kebun Raya Cibodas ini terdapat sejumlah objek yang dapat anda kunjungi sebagai agenda wisata Anda. Diantaranya, Air terjun, Taman Rododenron, Taman Paku, Taman Sakura, Taman Liana, Green House, Taman Lumut, Bunga Raksasa/Bunga Bangkai, dan objek menarik lainnya.

Baca:

Paket Wisata Tour Taman Cibodas

tempat wisata di Cibodas

 

8 Tempat Wisata di Cibodas Puncak

Setidaknya ada 8 tempat wisata di Cibodas yang dapat Anda temukan temukan.

Apa saja kah itu? Berikut akan kami ulas sedikit tentang sejumlah tempat wisata di Cibodas

 

1. Kebun Raya Cibodas

Pertama adalah Kebun Raya Cibodas. Sebagain orang menyebutnya Taman Cibodas. Seperti yang telah kami ulas sebelumnya, bahwa di Kebun Raya Cibodas ini anda dapat menikmati berbagai objek yang menarik seperti Air terjun.

Terdapat 2 objek air terjun yang dapat Anda nikmati, yaitu air terjun Cibogo dan Air terjun Ciismun. Kedua objek di Taman Cibodas ini merupakan objek yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan sering dijadikan sebagai latar lokasi syuting film.

Anda juga dapat menemukan tanaman Bunga Sakura di Cibodas ini. Objek ini pun sangat diminati oleh para pengunjung Kebun Raya Cibodas. Berlokasi di Taman Tematik bernama Taman Sakura, berjarak sekitar 200 meter saja dari pintu gerbang utama.

Bunga Sakura disini dapat berbunga 2 kali dalam setahun lho. Jadwal mekar bunga Sakura di Cibodas biasanya sekitar bulan Februari sampai Maret dan Augustus sampai September. Mekarnya bunga Sakura di Cibodas ini sangat dipengaruhi cuaca pada saat itu.

Selain Taman Sakura Anda juga dapat menikmati taman Tematik lainnya seperti Taman Liana yang baru saja dibuka untuk umum, Taman Rododendron,Taman Lumut, Taman Paku-pakuan, Green House, Air mancur, Taman Obat, Bunga Bangkai Raksasa, dan koleksi tanaman yang menyebar disetiap sudut kawasan Kebun Raya Cibodas, yang beberapa diantaranya sudah berusia ratusan tahun.

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana malam disini, tersedia 3 guest house atau Wisma Tamu Kebun Raya Cibodas yang dapat Anda pesan sebelumnya. Diantaranya Guest House Sakura, Medinilla, dan Eucalyptus.

Kebun Raya Cibodas

 

2. Air Terjun Cibodas

Yang kedua, tempat wisata yang terdapat di Cibodas adalah air terjun. Tidak hanya satu air terjun melainkan ada sekitar 7 air terjun yang dapat anda jelajahi.

Ketujuh air terjun itu adalah Air Terjun (Curug) Cibeureum, Air Terjun Cidendeng, dan Air Terjun Cikundul yang ketiganya itu terletak berjejer dalam satu lokasi. Letak ketiga air terjun itu berada di dalam kawasan hutan Gunung Pangrango. Jarak tempuh sekitar 2,8 km dari pos tiket. Butuh sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam perjalanan untuk menuju lokasi.

Air Terjun Ciwalen, terletak di hutan gunung Pangrango. Letaknya dekat dengan Pos Tiket masuk.

Selanjutnya adalah Air Terjun Ciismun dan Cibogo. Kedua air terjun ini terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas.

Dan yang terakhir adalah Air Terjun Rawa Gede. Air Terjun ini terletak di dalam kawasan Bumi Perkemahan Mandalawangi.

 

3. Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP

Yang ketiga adalah Bumi Perkemahan Mandalawangi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, merupakan area camping yang berada dibawah naungan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lokasi bumi perkemahan ini berdampingan dengan Kebun Raya Cibodas (pintu keluar kebun raya).

Didalam kawasan Mandalawangi TNGGP terdapat danau, area camping, air terjun, sungai, arena outbound, Rumah Korea, dan jungle track atau jalur untuk menjelajah hutan disekitar perkemahan. Bagi anda yang hobi camping wajib mencobanya disini.

 

4. Bukit Golf Cibodas

Yang keempat adalah Bukit Golf Cibodas. Seperti namanya, tempat wisata di Cibodas ini merupakan area untuk bermain golf. Tapi,…

Mulai tahun 2013, pihak pengelola telah menyediakan sebagian area golf untuk digunakan sebagai lokasi camping. Jadi bagi Anda yang berencana untuk camping di Cibodas, Bukit Golf Cibodas dapat Anda pertimbangkan untuk tempat mendirikan tenda Anda nanti.

Lokasinya berada di samping Kebun Raya Cibodas bagian barat (Air Mancur). Bagi Anda yang pernah mendaki gunung Gede Pangrango, pastinya sudah tidak asing lagi ya. Karena lokasinya berada di jalur pendakian.

Di Bukit Golf Cibodas terdapat gedung House Club (terdiri dari ruang aula, toilet, selasar, ruang ganti, ruang kantor, dan ruang tamu), lokasi parkir kendaraan, WC di beberapa titik area camping, danau, sungai, dan tentunya lapangan hijau yang sangat luas untuk anda camping atau bermain golf.

Bukit Golf Cibodas

 

5. Bumi Perkemahan Mandala Kitri

Yang kelima adalah Bumi Perkemahan Mandala Kitri. Sebuah areal eks perkebunan yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bercocok tanam sayuran ini berada dalam pengelolaan Kwartir Cabang Gerakan PRAMUKA Cianjur .

Lokasinya persis berada di samping gerbang Selamat Datang di Kawasan Wisata Cibodas.

Mandalakitri

 

6. Canopy Trail (Ciwalen)

Yang keenam adalah Canopy Trail Ciwalen. Berlokasi di Resort PTN Mandalawangi pintu masuk pendakian Cibodas. Canopy trail berupa jembatan gantung yang membentang sepanjang 130 m dengan “tiang penyangga” berupa 4 pohon Rasamala (Altingia excelsa) dengan diameter rata-rata 1,2 meter dan tinggi canopy train berkisar 45 meter. Sensasi ini akan berujung pada Curug Ciwalen yang konon berkhasiat awet muda.

Canopy Trail hanya dibuka pada hari SABTU dan MINGGU, dengan sistem pelayanan terbagi menjadi 4 trip per hari yakni jam 09.00, 11.00, 13.00 dan jam 15.00 WIB. Setiap rombongan akan didampingi oleh petugas TNGGP sehingga informasi wisata kawasan, kenyamanan dan keamanan terjamin. Tiket perorangnya sebesar Rp. 40.000,- termasuk asuransi.

 

7. Danau Telaga Biru

Yang ketujuh adalah Danau Telaga Biru. Jika di Puncak Bogor kita mengenal objek wisata Telaga Warna. Maka di Cibodas terdapat danau Telaga Biru. Objek wisata yang satu ini terdapat di tengah hutan Gunung Pangrango, satu jalur dengan objek wisata Air Terjun Cibeureum.

Mungkin anda bertanya, kenapa bernama telaga biru? Apakah memang betul berwarna biru?

Yups, Nama telaga biru sendiri disematkan bukan tanpa alasan. Jika kita perhatikan dari dekat, terkadang warna air dalam telaga terlihat kebiru-biruan. Terkadang juga hijau. Ini disebabkan oleh organisme yang berada didalam telaga. Organisme tersebut menyesuaikan atau beradaptasi sesuai dengan kadar cahaya yang diterima. Sehingga tampak air dalam telaga berubah warna. Padahal jika kita ambil, air dalam telaga sesungguhnya tidak berwarna atau benih dan jernih.

Telaga ini sering dijadikan tempat untuk minum satwa liar yang ada didalam hutan seperti macan tutul, babi hutan, dan rusa.

 

8. Pendakian Gunung Gede Pangrango

Yang terakhir adalah Gunung Gede Pangrango. Untuk para pencinta hiking mungkin sudah tidak asing lagi ya. Secara, gunung Gede Pangrango adalah gunung legenda dengan sejarahnya yang terkenal, terutama di Jawa Barat.
Pendakian dibuka pada bulan April-Juli, dan September-Desember. Dari bulan Januari-Maret, kegiatan pendakian ditutup sebagai bagian dari upaya pengembalian ekosistem yang ada di kawasan hutan karena banyaknya kegiatan pendakian. Sedang untuk bulan Agustus, pendakian pun ditutup dengan alasan, salah satunya adalah tingginya minat mendaki dibulan tersebut karena berkaitan dengan hari kemerdekaan kita.

Referensi

 

Akhirnya

Nah, itulah sekilas informasi tentang Cibodas Puncak yang wajib Anda ketahui sebelum Anda merencanakan kegiatan wisata disini. Mulai dari pilihan kegiatan wisata yang dapat dilakukan sampai dengan sejumlah tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Kami sangat berharap informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk merencanakan agenda wisata Anda di Cibodas Puncak nanti. Sehingga dapat mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari, agar agenda wisata anda berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan tentunya.

Demikianlah. Jika ingin bertanya, survei, dan info lainnya, Anda dapat menghubungi kontak kami. Gratis 🙂

Selamat berwisata di Cibodas Puncak.

Leave a Reply